Pulau Klah

Pulau Klah
Pulau Klah Pulau Klah

Kota sabang sangat kaya dengan keindahan alamnya yang mempesona, mungkin belum pernah terpikirkan dalam benak anda sebelumnya. Pulau Klah merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Weh. Pulau Klah berada tepat dijantung teluk Sabang. Pulau ini juga dibangun mercusuar yang berfungsi sebagi navigasi bagi kapal-kapal yang berlabuh di teluk Sabang. Pulau ini terletak dihadapan pantai Krueng Raya.

Pulau Klah ini memang tidak terlalu besar memang, namun keindahan alamnya sangat mempesona, dengan suasana tenang dan damai, sangatlah cocok bagi anda yang tidak suka dengan kebisingan, melepas penat dari hiruk pikuk kota yang melelahkan.

Di sekitar pantai pulau klah ini, terdapat batu-batu karang yang terjal yang melengkapi keindahan pulau ini.Pulau klah ini berada di pada perputaran dan pertemuan arus masuk dan arus keluarnya air Laut. Sehingga terdapat habitat ikan yang mendiami perairan ini, contohnya seperti ikan cakalang dan ikan layaran, apalagi jika sedang panen, akan ada bazar ikan besar-besaran di tepi Pantai Kreung Raya yang ada di seberang Pulau Klah ini.

Anda juga bisa melakukan diving, surfing, dan snorkling di pantai pulau Klah ini, panorama yang ada di bawah lautnya juga tidak kalah di bandingkan dengan pantai-pantai lainnya, apalagi kalau sedang sunset, di pulau yang tenang ini, akan sangat menyenangkan bila anda menyaksikannya bersama orang-orang terkasih, sambil barbeque ria di pinggigran pantai.

Untuk masalah penginapan, tenang saja, jika anda enggan beranjak dari pulau kecil nan indah ini, anda bisa menginap disana, di Pulau Klah ini sudah ada beberapa penginapan dan juga bungalow yang berjajar di pinggiran pulau Klah tersebut, jadi anda tetap bisa menikmati panorama Laut yang indah dari balkon penginapan-penginapan dan bungalow disana.

Bagi anda yang suka dengan camping menjadi plihan yang tepat untuk anda berlibur bersama teman-teman anda.

Jalan menuju ke pulau Klah ini jalur transportasi laut yaitu dengan menggunakan perahu dari kota Sabang.

Pulau Klah adalah pulau yang tidak berpenghuni, namun di sana terdapat berbagai aktivitas warga salah satunya adalah aktivitas warga dalam budidaya ikan kerapu di sekitar bibir pantai, ini tentu saja menjadi pemandangan langka untuk anda kunjungi.